Senin, 05 Maret 2012

MANJADAWAJADDA (usaha sungguh-sungguh akan berhasil)

Seorang guru (ustadz) masuk kelas ia membawa parang tumpul yang karatan dan sebilah kayu keras .Kemudian ia memotong kayu itu dengan sekuatnya ,terlihat ia mengalami kesusahan tapi ia terus memotong kayu itu dan akhirnya kayu itupun putus dua .Adegan guru memenggal kayu dengan parang tumpul di hari pertama masuk sekolah itu merupakan potongan dari film Negeri lima menara .Film yang syarat pembinaan mental buat anak-anak muda agar jangan mudah mundur dan pantang menyerah.


Parang tumpul yang karatan itu menggambarkan bahwa dalam kondisi apapun setiap orang harus berusaha tanpa mengenal kata susah dan alasan yang menjatuhkan mental .Dan Kayu keras yang putus dua oleh parang tumpul itu menggambarkan apa saja bisa terjadi asal jangan mengenal kata menyerah.

Manjada wajadda (siapa bersungguh-sungguh akan berhasil ) ini juga terjadi dengan teman sekaligus tetangga saya .Berbekal ke ahlian membuat tahu tek-tek (kadang disebut juga tahu goreng ) ia merantau ke Kaltim (tarakan ) kemudian ia berjualan tahu tek-tek dorong . Dan sekarang ia tetap berjulan tahu tek-tek tapi ia sudah memiliki rumah dengan harga 250 juta dengan style modern dan dapat menyekolahkan anak-anaknya disekolah negri.

Ada lagi teman saya yang memilki ke ahlian ilmu komputer,program disign dan sekarang memiliki perusahaan dengan omset puluhan juta perbulan dengan cabang di berbagai tempat dengan nama Bornis .Menurut pemilik Bornis ini ia mengawali semua usahanya dengan kamera pinjaman dan Video shoting pinjaman.Tapi ia pantang menyerah dan fokus dan sekarang ia menggapai kejayaan itu di usia muda. Belum puas ,ada lagi contoh, teman saya yang guru ngaji asal Ponpes tanah jawa. Pertama ia mengajar di Al Irsyad Tarakan ,tapi tidak ada perkembangan. Kemudain ia pindah mengadu nasif le Tawau (Sabah Malaysia)

Disana ia mengajar ngaji secara privat dan berjualan kerupuk dengan harga seringgit satu Plastik. Ia terus melakukan itu dengan sabar sambil mencari peluang untuk merubah keadaan .Itu terjadi dari tahun 1995 sampai tahun 2002. Dan sekarang ia sudah punya istri di Malaysia , anak dan rumah serta sebuah mobil untuk mengantar ia melakukan kegiatan mengajar dan sekaligus menjadi Imam disalah satu Masjid di sana. Kabar lainnya yang saya dengar ia telah menjadi warga Negara negri jiran itu.

Bayangkan kalau ia tidak berani merantau dan sedih dengan sekolahnya yang hanya dari pasantren. Kondisinya bisa jadi tidak berubah dan hanya menjadi tokoh agama dikampungnya. Imformasi terbaru beberapa minggu saat saya menulis tulisan ini ,ia bersama-sama rekannya yang peduli dengan perkembangan agama berencana buka ponpes disana.

Ketiga teman kita diatas sebenarnya memiliki ilmu yang maha dashsyat yang terpendam dihati dan menjadi tenaga yang maha dahsyat untuk menghadapi tantangan hidup.Ilmu itu bernama Manjaddawajadda,siapa bersungguh-sungguh maka ia akan berhasil.

Contoh lainnya ,anak kecil usia 7 sampai dengan 10 bulan berusaha mati-matian untuk belajar berjalan. Caranya,ia terlebih dahulu belajar berdiri dan usahanya kadang membuat ia cedera tapi ia terus berusaha dan itu membutuhkan waktu yang lama.

Setelah ia mampu berdiri kemudian ia belajar berjalan dan kembali usaha itu membuat ia kembali terjatuh dan membuat ia menangis. Berhentikah ia belajar berjalan ? tidak..! ia terus belajar berjalan sampai ia mampu berjalan.Walau dari belajar berdiri dan belajar berjalan itu ia mengalami jatuh dan merasa sakit,ia terus melakukannya sampai ia meraih keinginnya .

Pengusaha Top baik sekala dunia dan dalam negri yang sukses juga memilki ilmu manjaddawajadda ini walau mereka tidak mengetahui mentra manjadawajadda itu sendir.Tapi ruh itu mengrsital dan menjadi benteng dalam mengahrungi kerasnya dunia usaha.

Mari kita kaji sedikit kalimat usaha sungguh-sungguh maka akan berhasil :

1.Usaha sungguh-sungguh, kalimat ini memberikan signal bahwa dalam berusaha pasti ada batu sandungan, bukit tinggi,cadas ,lorong gelap dan tebing yang curam. Ini merupakan proses standar dalam menuju sukses.Siapapun dia kalau ingin berhasil dalam usaha apa saja pasti mengalami proses standar ini .Nah..dalam proses mengalami bantu sandungan ini kadarnya yang beda-beda alias ada yang kadar kecil dan ada yang besar. Disinilah usaha sungguh-sungguh atau mantra manjaddawajadda itu mengambil peran, ia tidak akan mundur dan terus maju betapun luar biasannya batu sandungan itu. Kemampuan bertahan dalam situasi sulit ini sangat penting karena (mengutif bahasa AA Gym) kemampuan kita mengolah masalah selalu terlambat dikarena derasnya masalah yang timbul dalam berbagai bentuknya. Jurusnya hanya satu bertahan sekuatnya sambil mencari jalan keluar.

2.Berhasil, kata ini dapat diartikan dalam dua dimensi

a.Berhasil dalam arti ia mampu bertahan walau ujian itu mengalami proses panjang menuju titik

akhir .

b.Berhasil ,ia mampu mencapi titik tujuan dengan sangat cepat dan mampu menghalau ujian dengan sangat baik.

Husin Hendy

Pendiri TPQ Al Hikam

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates